Thibun Nabawi

“Sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (v

BEKAM SOLUSI PENGOBATAN

Asyari Suparmin | Sabtu, 16 September 2017 - 20:45:22 WIB | dibaca: 344 pembaca

titik bekam solusi kesehatan

BEKAM  SOLUSI PENGOBATAN

“Asy’ari  Suparmin, MA

 

dalil yang menguatkan praktek pengobatan bekam atau hijamah, antara lain.

      1.   Dalil yang terdapat dalam hadits riwayat Bukhari, disebutkan:

           Kesembuhan itu berada pada tiga hal, yaitu minum madu, sayatan pisau bekam dan sundutan dengan api (kay). Sesungguhnya aku melarang ummatku (berobat) dengan kay.”

2.      Dalil yang terdapat dalam riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Salam bersabda:

Artinya:
“Sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (venesection).”

3.      Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Jabir Almuqni berkata, "Aku tidak akan merasa sehat sehingga berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rosulullah Sholollohu Alaihi Wasalam bersabda, "Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan."

  1. Dalil yang terdapat dalam hadits, , dari Ibnu Umar, Rosulullah Sholollohu Alaihi Wasalam bersabda, ”Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada, melainkan para malaikat mengatakan, ”Hai Muhammad,perintahkan umatmu untuk berbekam,karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kits, dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan ”.
  2. Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Annas bin Malik Rosulullah Sholollohu Alaihi Wasalam bersabda, "Sesungguhnya pengobatan yang paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah ( Bekam )”.
  3. Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Ibnu Abbas r.a, Rosulullah Sholollohu Alaihi Wasalam bersabda, ”Sebaik-baik hamba adalah juru bekam, ia membuang darah, meringankan tulang rusuk, dan menajamkan penglihatan”.
  4. Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya Garibul Hadits melalui sanad Abdurrahman bin Abi Laila, "Rosululloh melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang”.
  5. Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Salma, seorang pelayan rosululloh Sholollohu Alaihi Wasalam bercerita, "Tidak seorangpun mengadukan rasa sakit di kepalanya kepada Rosulullah Sholollohu Alaihi Wasalam melainkan beliau mengatakan, "Berbekamlah ”.
  6. Dalil yang terdapat dalam hadits, dari Imam At-Thabrani, bahwa Nabi Muhammad Sholollohu Alaihi Wasalam bersabda, "Hendaklah kalian melakukan pengobatan dengan bekam ditengah tengkuk, karena sesungguhnya hal ini merupakan obat dari 72 penyakit.”

Manfaat Bekam di Kepala
Seperti yang telah dijelaskan, bekam di kepala adalah pengobatan yang sangat luar biasa. Berikut ini adalah manfaat bekam di kepala yang dapat diperoleh:
– Mengobati migrain
– Menyembuhkan penyakit stroke
– Mengobati sakit pusing
– Menurunkan darah tinggi atau menormalkan hipertensi
– Menyembuhkan parkinson
– Menyembuhkan vertigo
– Mengobati jerawat
– Mengobati gangguan sihir
– Mengobati sakit gigi
– Mengobati masalah mata, hidung dan telinga
– Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat
Bekam yang dilakukan di kepala tersebut yaitu untuk mengeluarkan materi berbahaya pada bagian kepala tersebut ataupun di sekitar kepala.
Manfaat Bekam Untuk Jantung
Secara umum, bekam ini bermanfaat bagi kesehatan yaitu untuk mengeluarkan darah kotor atau darah yang telah terkontaminasi oleh racun. Setelah melakukan bekam maka peredaran darah dapat berjalan kembali.

TERNYATA DOKTER BARAT MENGAKUI KEAJAIBAN BEKAM

Dr. Miceel Reed Rach ( California ) : ia mengatakan bahwa bekam merupakan titik-titik berkhasiat sebagai panduan dalam perawatan diri dan panduan pengobatan umum. Dr. Kohler D ( 1990 ) jaringan ikat sebagai media fisik untuk menghantarkan energy pengobatan dengan Bekam. Dan Thomas Anderson juga seirama mengatakan bahwa ada 100 penyakit yang bisa diobati dengan Bekam. Dan penelitian yang terakhir ini sesuai dengan apa yang disabdajkan Nabi Muhammad SAW

“ Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan dengan bekam ditengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari 72 penyakit ( HR. Thabroni )

BEBERAPA TITIK-TITIK BEKAM DAN KEAJAIBANNYA

- ‘Ala Ro’sun ( puncak kepala) : melancarlkan sirkulasi darah dibagian kepala. Bagi anda yang sering sakit kepala menahun, Vertigo, serangan sihir,stroke.

- Al- akhdain ( dua urat leher) : melancarkan darah ke bagian kepala. Bagi anda yang sering sakit kepala, p using, migrain, vertigo, daya ingat menurun

- Al- kaahil ( punduk ) : memperbaiki penglihatan. Bagi anda yang penglihatannya kabur dan mata sering lelah. Titik ini juga yang dimaksud Nabi sebagai titik ampuh untuk penyembuhan 72 penyakit.

- Al-katifain pundak ( bahu) : menormalkan tekanan darah , kadar asam, dan kolestrol. Bagi anda yang m,engidap penyakit hipertensi, asam urat, kolestrol dan sulit menahan emosi.

- Daerah Belikat : menormalkan kerja jantung dan pernapasan. Bagi anda yang mempunyai gejala berdebar-debar, mudah kaget, nafas pendek, mudah mengantuk, sulit tidur, dada kiri sakit bila di tekan.

- ‘Ala Warik ( di bawah tulang rusuk iga ) : menormalkan fungsi ginjal. Biasanya sering sakit pinggang dan ruas pangkal jari tangan terlihat gemuk.

- ‘Ala dzohril qodami ( kaki sebelah atas betis ) : melancarkan sirkulasi darah dibagian kaki. Gejala yang sering timbul adalah pegal, asam urat tinggi, stroke, kaki gajah. Indikasinya bisa dilihat dari kuku

Cara Melakukan Bekam Basah :

1.      Awali dengan menngenali kondisi pasien dengan wawancara dan deteksi awal, gimana kabarnya, apa yang di rasakan, lakukan pemeriksaan melalui telapak tangan  bisa juga lidah atau bisa juga mata yaitu iridology.

2.      Lakukan doa ruqyah singkat bagi pasien atau sekurangnya doa kesembuhan

3.      Siapkan alat alat semuanya, lalu lakukan relaksasai dengan sebat rotan  lalu totok punggung atau luncuk dengan cupping setelah di olesin minyak pak haji atau lainnya.

4.      Pilih titik bekam berdasarkan kondisi pasien.

5.      Pilih gelas bekam (cup) berdasarkan tingkat penyakit pasien dan postur tubuh. Semakin besar gelas yang digunakan maka tingkat rasa sakit akan semakin besar, namun efeknya akan semakin baik.

6.      Bersihkan bagian kulit yang akan dibekam dengan desinfektans/alkohol.

7.      Pompa gelas bekam dengan piston pada posisi yang dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan, atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.

8.      Biarkan selama 3-5 menit.

9.      Lepas gelas bekam dan sayat bagian bekas bekam dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril.

10.  Bekam lagi posisi yang disayat tadi.

11.  Tunggu selama lebih kurang 3 menit sampai darah keluar dan menumpuk pada gelas bekam.

12.  Lepas gelas bekam dan buang darah kotor yang keluar, bersihkan kembali gelas bekam dan desinfeksi.

13.  Bekam lagi sebanyak 3-5 kali, atau sampai keluar cairan putih dari kulit.

14.  Oles bekas sayatan dan bekam dengan minyak habbatus sauda’ (jinten hitam).

15.  lakukan setiap bulan atau setiap 2 minggu bagi yang penyakitnya parah.

16.  Setelah pembekaman selesai berikan pijatan ringan disekitar titik bekam,

17.   Bersihkan atau sterilkan peralatan dan rapikan