Perbankan Syariah

Bank Syariah Tak Perlu Diragukan Lagi

KEUNGGULAN BANK SYARIAH

Abdullah Teguh | Sabtu, 09 Januari 2016 - 16:50:12 WIB | dibaca: 209 pembaca

Keunggulan Bank Syariah

Dalam masyarakat kita masih ada yang meragukan tentang keunggulan bank syariah, seharusnya bagi Muslim Bank syariah adalah FINAL  tidak perlu di bandingkan lagi dengan yang lain karena tentu yang lain tidak syariah berarti HARAM.

 

162. Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam

 

Bahwa masih belum sempurna, masih banyak kekuangan, kurang kompetitip, layanannya mengecewakan, lebih mahal dan lain sebagainya YA itulah masalah  KITA, pernahkan mencoba scara sederhana membandingkan kenapa BANK Syariah demikian, Coba seandainya semua ummat ISLAM memiliki rekening di Bank Syariah saldo perbulah 50.000 saja BERAPA  potensi yang di miliki bank Syariah/

Berikut ini beberapa Keunggulan  BANK SYARIAH.

 

Pertama Kepastian HALAL  karena jelas ada yang mengawasi DPS, untuk dinyatakan produk Bank Syariah halal bukan sededar saat buat produk tetapi jiga proses A – Z dalam pengawasan DPS/

Kedua Ada ZIS  dalam konsep Bank syariah ada dana yang di account khusus yaiitu ZIS baik itu dari asset perusahaan maupun nabah yang berkenan menyisihkan dananya saat ini di kelala tersendiri melalui bank membentuk LAZNAS, disini ada potesi muamalah social selain ada memback up qardul hasan saat di perlukan

Ketiga   hubungan bank dan penabung. Di perbankan konvensional bank menjadi debitor dan penabung menjadi kreditor. Atas dasar simpan-pinjam bank membayar bunga kepada penabung dengan tingkat bunga yang sudah ditentukan, tak peduli berapa keuntungan yang diperoleh bank atau kerugian yang diderita bank.

Di perbankan syariah si penabung merupakan mitra bank sekaligus investor bagi bank itu. Sebagai investor ia berhak menerima hasil investasi bank itu. Hasil yang diperoleh penabung naik dan turun secara proporsional, mengikuti perolehan banknya.

 

Muamalah berdasarkan konsep kemitraan dan kebersamaan dalam profit dan risk itu akan lebih mewujudkan ekonomi yang lebih adil dan transparan.

 

Keunggulan lainnya terletak pada bagaimana dana penabung dimanfaatkan. Di bank konvensional penabung tidak tahu dan tidak punya hak untuk tahu kemana dana bakal disalurkan.

Keempat Bank syariah menyeleksi proyek yang hendak didanai, bukan hanya melihat dari sisi kelayakan usaha tetapi juga pada halal atau haram usaha itu. Semua nasabah baik deposan maupun debitor terhindar dari praktik moral hazard yang biasa bersumber dari sistem riba.

Kelima Keunggulan lain yang tak kalah menarik adalah perbankan syariah mampu memberikan early warning system atau peringatan dini bahaya.

Ketika perolehan bagi hasilnya terus merosot penabung bank syariah memperoleh isyarat bahwa sesuatu yang buruk terjadi pada banknya sehingga ia bisa mengantisipasi.

 

Lembaga keuangan syariah dan perbankan syariah tidak akan memperhatikan permohonan pembiayaan dari suatu usaha atau bisnis sebelum mendapatkan kejelasan dan kepastian akan beberapa hal pokok sebagai berikut:
a. Apakah obyek pembiayaan itu halah atau haram?
b. Apakah proyek yang akan dibiayai itu menimbulkan madharat atau tidak?
c. Apakah proyek yang akan didanai berkaitan dengan perbuatan zina / asusila lainnya?
d. Apakah proyek itu berkaitan dengan perjudian?
e. Apakah proyek yang akan dibiyai itu berkaitan dengan pembuatan senjata ilegal?

f. Apakah proyek itu dapat merugikan syi’ar Islam, baik secara langsung atau tidak langsung?


Mengenai jenis dan kegiatan usaha bank syariah diatur dalam Pasal 18-23 UU No. 21 Tahun 2008. sedangkan bagi Bank Syariah diatur dalam Pasal 24-26.

 AYO HIJRAH KE BANK SYARIAH