Kesehatan

Islam adalah agama yang sempurna (kamil) dan menyeluruh (syamil). Islam mengatur kehidupan manusia d

PENGOBATAN DALAM ISLAM

Asyari Suparmin | Kamis, 31 Agustus 2017 - 17:29:13 WIB | dibaca: 367 pembaca

PENGOBATAN

PENGOBATAN DALAM ISLAM

“Asya’ari Suparmin MA

Islam adalah agama yang sempurna (kamil) dan menyeluruh (syamil). Islam mengatur kehidupan manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam dunia perawatan dan pengobatan. Allah swt yang maha pengasih dan penyayang kepada umat manusia, melalui kekasih-Nya Rasulullah, Allah mengajarkan kepada manusia cara merawat dan memelihara kesehatan.

 Thibbun Nabawi ialah pengobatan cara nabi. Ciri khas dari pengobatan ini bersifat ilahiah dan alamiah. Sesuai dengan konsep Islam yang bersifat fitrah, dari mulai aqidah, ibadah, muamalah demikian juga dalam pengobatannya.

Ada beberapa prinsip penting yang harus dipenuhi dalam pengobatan islam yaitu:

1.      Pelaksanaan sesuai dengan syariat islam

 “Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obatnya. Dan dia menjadikan tiap-tiap penyakit itu ada obatnya. Maka berobatlah, akan tetapi janganlah kamu berobat dengan benda yang haram” (HR Abu Daud ).

Selain itu juga pengobatan yang dilakukan harus terhindar dari unsure-unsur khurafat, tahayul dan bid’ah. Seperti banyak banyak orang yang berobat kepada dukun dan sebagainya.

2.    Meletakan keyakinan dalam hati bahwa Allah sebagai penyembuh penyakit, sebagaimana  sabda Rosulullah: 

“Allah lah yang menurunkanpenyakit dan obatnya.”

3.    Mengambil sebab melalui ikhtiar serta bertawakalتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” ( Al-Imron: 159).

4.    Mengkaji untuk mendapat yang lebih baik 

Sabda Rosulullah saw:” Kamu lebih tahu tentang urusan dunia kamu .”(HR Muslim)

5.    Kualitas ( kemampuan ) Perawat ( Tasawur Islam dan Ilmu-ilmu Perobatan) 

Sabda Rosulullah sw: “Barang siapa yang mengobati dan ia tidak pernah diketahui sbelum ini sebagai orang yang mengetahui ilmu perobatan, maka dia akan dimintai pertanggung jawaban.”(HR Abu Daud, Nasa’I, dan Ibnu Majah)

 A.    METODE ILAHIAH1. Ruqyah

Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi-jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika Rasulullah saw sakit maka datang malaikat jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah.

Pada zaman Rasulullah, surat Al-Fatihah  dikenal sebagai media me-Ruqyah yang terdahsyat untuk mengobati berbagai penyakit Rohani selain beberapa ayat / surat lainnya, hingga sekarang ini.

2.  Nafats

Nafats yaitu membaca Al-quran atau do’a kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan lalu diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit. Dalam suatu riwayat bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila beliau sakit maka membaca “Al-muawwidzat” yaitu tiga surat Al-quran yang diawali dengan kata “A’udzu” yaitu surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas kemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan.

  3. Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya

Diriwayatkan oleh bukhari muslim : bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila ada manusia tergores kemudian luka, maka beliau membaca do’a kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya, lalu diusapkan pada luka orang itu inilah doa’anya : “Allohumma robbinnas adzhabilbas isyfi antasy-syafii laa syifa-a illa syifa-uka laa yugodiru saqoma”. Dalam air liur mengandung senyawa antibakteri diantaranya tiosianat.

4. Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan

Nabi Muhammad saw pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: “ letakkanlah tangan mu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah “Basmalah 3x dan A’udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x” .

B. METODE ALAMIAH

1.  Madu

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam alquran suart An-Nahl : 68-69 bahwasannya madu sudah sangat dijelaskan didalam al-quran sebagai obat untuk manusia .

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Nabi Muhammad Saw bersabda : “Kesembuahan itu ada pada tiga hal, yaitu dalam pisau pembekaman, meminumkan madu, pengobatan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”. (HR. Bukhori no. 5681)

1.      Minyak zaitun

 

Sudah dijelaskan dalam beberapa hadits dan al-quran bahwa minyak zaitun mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Firman Allah : “..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu) dan tidak pula disebelah barat” (Qs. An Nur : 35).

3. Habbatussauda (jinten hitam)

 

Salah satu metode pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw adalah dengan Habbatussauda (jinten hitam).Rasulullah saw bersabda : “sesungguhnya didalam habbatussauda terdapat penyembuhan bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. Al-Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah ra)

4. Air zamzam

 

Didalam air zam-zam tadi disebutkan bahwa air zam-zam mengandung kalsium dan magnesium. Kalsium didalam tubuh berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk proses pembekuandarah, dimana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi luka. Fungsi kalsium yang lainnya juga yaitu sebagai media terjadinya respon hormonal dan juga berfungsi sebagai salah satu katalisator kerja enzim. Pada ibu hamil dan menyusui, keberadaan kalsium dalam nutrient yang dikonsumsi sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah didalam tubuh janin yang dikandungnya. Kalsium juga memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki kemampuan mengikat kolesterol. Sehingga diet yang mengandung kalsium sangat menguntungkan.

5.  Kurma

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix.  Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel dibawah menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.

C.METODE ILMIAH BEKAM ATAU HIJAMAH

Bekam atau hijamah adalah system dan penyembuhan yang dilakukan dengan cara menghisap darah dan mengeluarkan darah kotor atau darah penyakit dari permukaan kulit. Pengobatan dan penyembuhan bekam atau hijamah yang dicontohkan oleh rasulullah saw, sudah dikenal diberbagai belahan dunia sejak dulu.

Bekam atau hijamah menurut rasul dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit apapun, dalam sebuah hadis diriwayatkan “barang siapa yang berbekam tanggal 17, 19, dan 21 maka akan disembuhkan dari segala macam penyakit” (HR Tirmidzi)

Pengobatan dan penyembuhan dengan metode bekam telah diwasiatkan para malaikat kepada Rasulullah saw. “wahai Muhammad, suruhlah umat mu melakukan bekam”. (HR Abu Daud)  “bekam dapat menambah kecerdasan, kekuatan menghapal dan menambah hafalan orang yang menghafal.(HR Ibnu Majah).

Wallohu alam bi showab