Kesehatan

penyakit yang menyerang sistem syaraf. Sistem syaraf merupakan suatu system yang mempunyai fungsi me

TERAPI MANDIRI PENYAKIT STROKE

Asyari Suparmin | Kamis, 10 Agustus 2017 - 19:05:37 WIB | dibaca: 148 pembaca

TERAPI MANDIRI PENYAKIT STROKE

Asy’ari Suparmin MA

 Kajian malam ini akan saya berikan pengalaman pribadi saat terkena stroke  saya alami tg 21 Juli jam 02.30.  diawali dari kebisaan bangun jam 2 sd 3 an . tidak ada firasat atau kondisi tertentu karena saat mau tidak tidak  merasakan yang lebih seperti darah tinggi , kolesterol gula dan lainnya yang menjadi penyebab adanya stroke. . pada saat bngun bdan tidak bisa di gerakakan khususnya tangan dan kaki kiri serta surit bicara, baru sadar jangan jangan stroke Inilah yang saya akan cerikan dan share agar kita bisa antisiasi serta jangan panic bila terjadi, dengan senantiasa bermohon pada Allah.

 

Pengertian Stroke

Penyakit stroke adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf. Sistem syaraf merupakan suatu system yang mempunyai fungsi mengatur seluruh tubuh dengan melakukan koordinasi dan juga bekerja sama antar system tubuh. Penyakit stroke adalah penyakit yang ditandai dengan tanda gejala penyakit stroke kehilangan fungsi otak karena terhentinya suplai darah ke otak. 

 

Penyakit stroke ini sangat menghantui dan sangat dihantui. Betapa tidak, mereka yang dinyatakan dengan kondisi fisiknya sehat oleh dokter, secara mendadak bisa terserang penyakit stroke tanpa pandang buluh, baik pria maupun wanita, tua atau muda. Serangan stroke ini bisa terjadi jika pembuluh darah yang bisa membawa ke daerah otak pecah atau mengalami sumbatan atau karena terjadinya gangguan sirkulasi pembuluh darah yang menyediakan darah ke otak.

Tanda gejala penyakit stroke ini bisa menyerang siapa saja, terutama mereka yang menderita penyakit-penyakit berbahaya misalnya adalah penyakit darah tinggi, kencing manis, penyakt jantung, kadar kolesterol yang tinggi, trigliserida tiinggi, pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, obesitas dan juga hal yang lainnya. Akan tetapi, pada umumnya stroke riskan terjadi pada penderita penyakit hipertensi.

Serangan dari tanda gejala penyakit stroke yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi yang mempengaruhi dari munculnya suatu kerusakan dinding pembuluh darah sehingga dinding pembuluh d arah ini menjadi tidak merata. Akibatnya, zat-zat yang larut ini seperti kolesterol, kalsium dan lain sebagainya akan mengendap pada dinding pembuluh darah terjadi dalam waktu lama, akan mengakibatkan suplai darah ke otak menjadi berkurang, bahkan terhenti yang selanjutnya menimbulkan stroke.

 

Gejala Stroke

§  Mengalami kelumpuhan

Penderita yang mengalami gejala stroke pada tahap ringan biasanya penderita akan mengalami kelumpuhan ada bagian tangan maupun pada bagian kaki mereka. jika yang terjadi pada tahap ringan, maka kelumpuhan yang terjadi biasanya berlangsung hanya satu hari atau dalam  hitungan jam saja. Namun jika anda mengalami sakit stroke sudah masuk pada tahap yang sangat parah maka hal ini tidak akan mungkin bisa disembuhkan.

§  Sering kesemutan

Jika anda sedang mengalami sakit stroke masih pada tahap ringan. Pada yang mengalami gejala stroke biasanya dia akan merasakan kesemutan yang terutama pada daerah pergelangan tangan maupun pada kakinya.

§  Hilang keseimbangan

Orang sedang mengalami gejala stroke biasanya akan mengalami kehilangan tingkat keseimbangannya. Pada saat berjalanan secara tiba tiba dia tidak mampu untuk melakukan keseimbangan pada tubuhnya dan salah satu tubuh nya akan lebih condong yang menyandar ke tembok pada sesuatu yang bisa saja dijadikan sandaran bagi nya.

§  Pusing

Salah satu dari gejala stroke biasanya penderita akan merasakan pusing kepala. Pusing yang terjadi tidak hanya pada pusing biasa saja, melainkan rasa pusing seperti vertigo. Orang yang sedang mengalami vertigo adanya kaitannya dengan sakit stroke, karena vertigo yang merupakan penyakit umum ditandai dengan adanya macam penyakit didalam tubuh. Masalah itu akan menjadi sebuah indikasi bahwa pada gejala sakit stroke yang ada didalam tubuh kita.

§  Perubahan pada perilakunya

Orang yang mengalami stroke berat biasanya mengalami perubahan perilaku. Perilakunya itu seperti tidak dikehendakinya, perilakunya seperti anak kecil dan tidak seperti dirinya sendiri. Tidak hanya itu saja, orang yang mengalami stroke berat mudah marah tidak jelas, apa-apa yang dilakukan orang lain tidak menjadi keinginan dan juga kehendaknya.

§  Susah menelan

Orang yang mengalami sakit stroke biasanya dia akan mengalami kesulitannya untuk menelan makanan, karena yang terjadi pada tenggorokan yang akan menjadi tidak elastis, sehingga pada saat anda menelan makanan maupun minuman yang akan masuk kedalam tubuh mengalami kesusahan. Akibatnya pada yang mengalami sakit stroke biasanya pada penurunan kualitas hidupnya dan pada perubahan postur tubuh yang semakin kurus.

§  Pikun

Karena terjadinya menyerang pada bagian otak, maka yang dapat mengalami sakit stroke berat akan mengalami kesulitannya dalam berkonsentrasi. Hal yang terjadi karena pada sel syaraf otaknya mengalami kerusakan.

Indikasi terjadi  stroke diantaranya :

1.      Terjadinya gangguan pada salah satu atau juga kedua mata, dan termasuk diantaranya adalah penglihatan yang ganda serta mengalami kebutaan secara sementara.

2.      Mengalami pusing atau sakit kepala, bingung dan juga lemah

3.      Kesulitan dalam berbicara, dan termasuk berbicara dengan intonasi yang kacau.

4.      Tidak bisa berjalan atau ataxia

5.      Mengalami hilang ingatan atau hilangnya kesadaran dengan tiba-tiba

6.      Sulit mengkoordinasikan tangan serta lengan

7.      Lemah dan juga lumpuh pada satu sisi tubuh

Langkah langkah penangan Stroke

Ini adalah yang penulis alami dan lakukan saat tiba tiba mengalami stroke

Pertama  : pastikan seluruh keluarga sekurng istri dan anak yang sudah dewasa mengetahui stroke dan tanda tandanya erta cara penanganannya  atau pertolongan pertama dan selalu sediakan selalu Minyak Pakj haji, atau but but atau yang lainnya serta jarum bekam

Kedua :  Jangan panic, saaat bangun tidur tidak bisa bangun seperti biasa tangan sulit di gerakkan, kaki kiri terasa berat di angkat bicarapun susah pelo tidak sempurna, saat itulah butuh bntuan orang terdekat, di bangunkan istri agar membngun anak lakik laki kedua, kemudian cari minyk pa haji dan alat tusuk atau pn bekam. Istri membalur seluruh kepala dari bawah ke atas dengan MPH  di lanjutkan di telinga lalu lipat di tengah lipatan tusuk dengan jarum agar keluar darah, lanjutkan dengan yang sebelah. Anak kedua membasuh  mph di kedua jari kaki dan tangan  dan dengan cepat menusut jarum bekam di sesmua jari. Teruskan dengan membalur punggung kakai dan lainnya. ingat jngan panik sambil berdoa memohon kesembuhan yang sempurna

Ketiga : bantu dengan herbal yang tersedia, kebetulah ada spirulin dan habatusada serta madu, ini sudah menambah nutrisi ke  otak dan stamina. Atas anjuran senior di tambah dengan NOS dan Teh Pegagan di tambah minum air kelapa muda ijo di campur Sereh di masak dan di minum

Keempat : Lakukan relaksasi ke kaki, tangan dan punggung, anak saya yang lain coba bekam kering untuk punggung dan yang lain pijat tangan dan kaki

Kelima  : Lakukan bekam dengan ahlinya

Keenam : Asupan makalah hindari gorengan, di sarankan agar sayur labu dan daun kelor

Ketujuh : Hindari Stress perbanyak istifar tilah qur,an dan Olah raga ringan

Ke delapan  : Lakukan pemansan kaki dengan cara menghangatkan kedua tlapak kaki di atas asap dengan gerakan snam tlapak kaki agar rilek ingat asapnya bukan apinya. Untuk punggung dan badan rebus rempah terdirir dari sereh, salam 5 lembar, jahe keprek, garam sescukupnya, truh di ember atau baskom kerukup sarung di atas uap tertutup sekitar 15 menit 

Yang perlu di perhatikan juga adalah bila terjadi lakukan langkah langkah tadi bila dala sekian waktu belum ada perubahan segera bawa dokter atau rumah sakit untuktindak lanjut banyak factor yang menyebabkan belum berhasil ujian kesabaran pada diri pasien juga keluarga

 

Wallohu alam bishowab